RPH Surabaya Punya Cara Sendiri Antisipasi Lonjakan Harga Saat Idul Adha 2017

By Admin

nusakini.com--Jelang hari raya Idul Adha 2017, Rumah Potong Hewan (RPH) Surya Kota Surabaya siap melayani jasa pemotongan hewan kurban. Selain itu RPH Surya ini juga menyediakan hewan kurban lokal yang akan dijual kepada masyarakat. 

  Kenaikan harga daging seperti tak terelakkan lagi menjelang Idul Adha 2017. Oleh karena itu RPH Surya melangsungkan paparan tentang Bursa Sapi Qurban (BSQ) 2017 yang bertempat di ruang sidang walikota Balaikota Surabaya, Kamis  (24/8). 

Dalam paparannya Teguh Prihandoko Direktur Utama RPH Surya Surabaya menyampaikan tujuan Bursa Sapi Qurban ini di antaranya mengedukasi masyarakat dalam memilih sapi qurban sesuai dengan syariat yang halal, menyediakan hewan qurban yang telah mendapat pemeriksaan dari dokter hewan, sentralisasi penjualan untuk mempermudah masyarakat, dan mengurangi dampak negatif atas limbah yang dihasilkan selama persiapan sampai paska penyembelihan. 

Dengan mengusung slogan “Ibadah Qurban dengan Tetap Peduli pada Kebersihan Kota Surabaya”, RPH Surya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dalam menjalankan proses penyembelihan selama Idul Adha. Mengingat aroma dari bekas penyembelihan hewan qurban yang susah untuk dihilangkan. 

RPH Surya bekerjasama dengan beberapa mitra di antaranya adalah Pemerintah Kota Surabaya, Dinas Peternakan Jawa Timur, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Persatuan Dokter Hewan Indonesia dan masih banyak lagi. Lembaga ini telah melakukan sosialisasi terhadap dokter hewan dan para mitra jagal tentang bagaimana pemahaman tentang pemilihan sapi yang baik dan tata cara memotong secara syariat yang halal. (p/ab)